Wednesday, April 2, 2014

Cara Memilih VGA Untuk PC Gaming

Jika sobat sedang mencari VGA untuk bermain game berat, sebaiknya sobat membaca artikel tips memilih vga murah untuk bermain game disini. Game berat seperti Crysis ataupun Battlefield membutuhkan sebuah vga yang bertenaga, selain vga yang bagus, game PC kelas berat pun sesungguhnya membutuhkan perangkat keras lainnya yang juga mendukung.


vga-murah-untuk-game-berat-battlefield-3
Game berat Battlefield 3 – image : Battlefield Blog


Saya mengerti dan yakin banyak dari sahabat yang ingin memainkan game-game berkualitas seperti game-game berat fenomenal Crysis, Battlefield, GTA IV, Need For Speed Run dan yang lainnya, tetapi ketika kita hanya memiliki sebuah sistem komputer yang pas-pasan, kita biasanya akan mencari solusi dengan meng-upgrade vga atau membeli sebuah vga murah yang pas di kantong, maksud dari ini adalah supaya kita bisa memainkan game berat di komputer kita, yah walaupun tidak dengan setting gambar tertinggi, setidaknya kita bisa bermain game berat dengan kualitas low atau medium.

Untuk memudahkan pilihan sobat, saya akan membuat kesepakatan bahwa vga murah disini adalah sebuah vga untuk bermain game berat dengan harga tidak lebih dari satu juta (1 juta), oleh karena itu informasi vga yang akan saya tampilkan tidak akan mengusik vga kelas berat semisal NVIdia GTX560 Ti, GTX460, atupun AMD Radeon HD 7850, 7770, 7970 yang harganya mencekik isi dompet yang pas-pasan

Untuk contoh pertama, kita lihat dari spek komputer game murah milik admin blog motorseo ini 8) oke?. Saat ini, saya memiliki komputer dengan sebuah Intel dual core G620, 4GB memori, 320 gb harddisk, monitor full HD 22″ dan vga HD 4850, jujur dulu vga ini memiliki harga di atas 1 juta rupiah, tetapi kini saya melihat HD 4850 bisa sobat dapatkan dengan harga di bawah 1 juta merek DA.

Dengan spek komputer murah diatas, saya bisa memainkan beberapa game berat dengan setting resolusi full HD dan dengan settingan game medium-high. Lalu apakah saya puas? jujur ya  saya puas dengan vga murah ini yang bisa memainkan game berat zaman sekarang. HD 4850 meiliki memori ram 1GB DDR5 dengan spek 250 bit, cukup bertenaga saat bermain game PC.

vga-murah-untuk-bermain-game-berat-seperti-crysis
apakah crysis bisa dimainkan dengan vga murah? – image :gamespot.com

Nah bagaimana dengan vga murah saat ini, jujur mungkin artikel ini akan cepat tertinggal karena perkembangan perangkat keras komputer berjalan sangat cepat, oleh karena itu jika saya mempunyai waktu saya akan selalu meng-update artikel tips memilih vga untuk bermain game berat ini.

Berdasarkan salah satu situs hardware komputer terkenal TomsHardware, saat ini untuk rentang harga di bawah 1 juta, mereka memilih vga Radeon HD 6670 DDR3 dan juga Radeon HD 7750. HD 7750 memiliki harga yang lebih mahal dari HD6670, tetapi performa yang di dapat juga lebih baik dari HD 6670. Untuk pasaran di Indonesia, saya melihat Radeon HD 6670 1GB DDR5 (bukan DDR3 dan lebih baik) di harga 900 ribuan dari merek HIS, sedangkan untuk HD 6670 1GB DDR3 berharga 690 ribuan dari merek Sapphire, murah bukan?. Di kubu Nvidia sobat bisa mendapatkan Geforce GT 640 1024MB DDR3 seharga 900ribuan dan Geforce GT 630 2048MB DDR3 seharga 600ribuan, semua harga vga ini bisa berubah tergantung merek dan harga dollar.

vga-murah-untuk-game-berat
vga murah untuk game berat dari AMD HD Radeon series, image : tomshardware

Bagaimana tips jitu untuk memilih vga murah?

1.    Slot VGA pada Mobo (PCI Exspres)
Maksudnya Slot VGA jenis apa yang dimiliki oleh Mobo anda. Dan perhatikan juga Mobo anda suport VGA Nvidia atau Ati Radeon karena mobo kedua VGA tersebut berbeda tipenya.

2.    Memory VGA
Contoh spesifikasi VGA dengan memory 512 Mb, 1 Gb, 2 Gb, dll. Fungsi dari memory dalam VGA adalah kemampuan dalam mendukung berapa besar Resolusi monitor yang dapat di tanggung oleh VGA. Monitor 17” memory 512 Mb sudah cukup, kalau anda menggunakan monitor 20” keatas di sarankan menggunakan VGA yang mempunyai memory 1 Gb atau lebih.

3.    DDR
DDR adalah kecepatan akses data VGA. Semakin tinggi tipe DDR maka semakin tinggi pula kecepatan aksesnya. Contoh DDR1, DDR2, DDR3, DDR4, DDR5. Untuk sekarang ini tipe DDR yang paling baru adalah DDR5.

4.    Jalur Data
Spesifikasi VGA dengan jalur data 128 bit. Maksudnya semakin besar jalur data maka semakin cepat pula data yang bisa di akses. Semakin besar jalan maka semakin banyak mobil yang dapat lewat, begitu kira-kira gambarannya. Contoh 32bit, 64bit, 128bit, 256bit, 512bit, dst. Biasanya semakin besar Jalur data semakin besar pula Memori dai tipe DDRnya.

5.    GPU
Untuk saat ini hanya ada dua GPU yang bagus, yaitu Nvidia dan Ati Radeon. GPU merupakan Processor dalam VGA semakin besar Corenya semakin cepat pula baik pula performa VGA tersebut.

6.    Port VGA
Port VGA merupakan tempat colokan VGA ke monitor. D-sub adalah port yang digunakan kebanyakan monitor CRT. DVI biasanya digunakan untuk monitor LCD tipe lama. HDMI merupakan port VGA yang digunakan untuk monitor LCD/LED High Definition. Beberapa VGA terbaru sudah suport lebih dari 1 monitor.

7.    DirectX
DirectX merupakan sound effect untuk game high end. Game-game lama biasanya masing menggunakan DirectX 9, untuk sekarang ini kebanyakan VGA terbaru sudah mendukung DirectX yang lebih tinggi, yaitu DirectX 10 dan DirectX 11.


8. Pastikan garansi VGA

garansi hanya untuk berjaga-jaga jikalau VGA yang anda beli mati dalam waktu 3 bulan, sehingga anda tidak perlu merogoh kocek lagi untuk membeli yang baru cukup mengklaim garansi saja, yaaa tunggu saja 2-3 minggu untuk dapatkan VGA anda kembali.


9. Game apa yang hendak akan anda mainkan
jangan sampai anda membeli VGA GTX 550 Ti ddr5 1 gb 256-bit hanya untuk bermain zuma, pilihlah VGA yang sesuai dengan kebutuhan anda, kalau untuk bermain game anak-anak cukup dengan gt 210 ddr3 1gb 64-bit. belilah sesuai kebutuhan.


10. Perhatikan jenis dan seri chipset VGA

kebanyakan orang berpikir jenis chipset Nvidia dan AMD(dulu ATI radeon) adalah merk, banyak customer datang ke toko bilang “ada VGA merk nvidia geforce?” atau “ada VGA merk ATI radeon?” nvidia dan AMD bukanlah merk tapi chipset kalau untuk merk banyak sekali jenisnya. nvidia dan AMD memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing tergantung kebutuhan dan permintaan anda, misalkan anda menginginkan game dengan kualitas gambar dengan shader pixel yang bagus maka pilihan anda akan jatuh pada AMD cek juga seri chipsetnya misalnya seri 5570 atau 6570, logikanya semakin tinggi serinya kemampuan VGA pun semakin tinggi. jika anda menginginkan kecepatan graphic tanpa lag-ing maka gunakan VGA dengan chipset nvidia, chipset ini juga cocok untuk rendering, jangan lupa cek seri chipset nvidia misalnya gt 210 atau gt220 semakin tinggi serinya maka kemampuanya akan semakin baik.


11. Jangan tergiur dengan memory tinggi

Pedagang yang ‘nakal’ akan membuai anda dengan VGA ber memory tinggi 1 GB atau 2 GB, stop! jangan terbuai janji manisnya, VGA dengan memory tinggi belum tentu memiliki performa untuk menghasilkan graphic yang indah, lihat spek VGA berapa seri proccessornya dan berapa bit-nya bukan byte tapi bit jangan tertukar, untuk main game masa kini gunakan VGA dengan 128-bit ke atas atau 64-bit dengan tipe memory DDR3 atau DDR5.


 Semoga bermanfaat

1 comment:

  1. Post ini.. Sangat Membantu ^_^ Moga Lain Kali Juga, Jangan Lupa Ya..!! Kunjungi Blog Ane Juga : http://aikawafaith.blogspot.com/

    ReplyDelete